PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket

Monday, September 13, 2010

Mencicipi Kuala Lumpur

Pertama kalinya saya menjejakkan kaki di Malaysia.Ikuti perjalanan singkat saya melihat secara umum kota Kuala Lumpur.

Sabtu,11 September 2010

Perjalanan saya kali ini dilaksanakan pada hari kedua lebaran,yaitu pada tanggal 11-13 September 2010. Saat hari masih subuh,kami sudah bangun untuk berangkat ke Soekarno-Hatta untuk ikut penerbangan  ke Kuala Lumpur dengan GA 820 jam 8.45. sekitar jam 7 pagi lebih sudah sampai di CGK,suasana di terminal masih sepi.
Setelah sudah masuk ke waiting room,suasananya lumayan sepi,& langit juga sedang biru, Bismillah for a good wheather today..
ini pesawat yang akan membawa kamu ke Kuala Lumpur,B737-400 dengan registrasi PK-GWP.akhirnya saya masuk juga ke dalam pesawat. dapat seat row 4,viewnya pas untuk foto wingview.P9110738_resize.jpg picture by r4ld1P9110738_resize.jpg picture by r4ld1
Disebelah pesawat kami adalah B737-800NG PK-GEE P9110738_resize.jpg picture by r4ld1

PushBack..

Taxi menuju Runway,pesawat lalu lepas landas dengan tepat waktu..
P9110738_resize.jpg picture by r4ld1P9110738_resize.jpg picture by r4ld1

Video saat Take-Off

langit masih cerah di pagi hari..

Kabin masih dengan bentuk yang lama, tidak dengan personal monitor,dan seperti biasa Garuda Airvision (Sebutan untuk Flight Entertainment Garuda sebelum era-IFE AVoD) kali ini menayangkan"Just for laugh"
P9110738_resize.jpg picture by r4ld1P9110738_resize.jpg picture by r4ld1
Sekarang menu sudah dibagikan,sebentar lagi waktunya menikmati makanan yang disajikan.Ada 2 menu yang ditawarkan,"Mau nasi goreng spesial atau daging ayam dengan pasta?",saya milih yang pasta.

Di meal saya juga terdapat salad,dengan Es krim Haagen-Dazs strawberry,lengkap dengan roti & butter.

Hmm..kenapa ya diatas sungai tersebut tidak ada awan sama sekali??
P9110738_resize.jpg picture by r4ld1
Sampai akhirnya pesawat sudah approaching buat mendarat, dan kota pun sudah mulai terlihat dari ketinggian

Alhamdulillah, akhirnya kami mendarat di Kuala Lumpur International Airport,kesan petama yang didapat,airport ini terlihat cukup sepi ya?untuk traffic dan pesawat yang mangkal di apron didominasi pesawat-pesawatnya MAS..apa ini mungkin cuma di sisi terminal ini aja ya?

Welcome to KLIA

Kami langsung mencari bis dengan rute ke KL Central,yaitu Central Bus.Bus yang kami naiki cukup nyaman,dengan legroom yang cukup.dan saat itu sepi,petugas mengatakan ini karena masyarakat KL juga sedang menjalani tradisi yang mirip dengan Indonesia,yatu Mudik Lebaran

Bus dari KLIA menuju KL Central bertarif RM 10
sampai di KL Central kami sempat kebingungan mencari jalan menuju hotel,itulah salahnya kami waktu itu,kalau saja kami lebih mencari tahu sebelumnya,seharusnya bisa naik kereta.Kami lalu langsung mencari taksi ke Hotel, rencananya kami akan menginap,di Seri Pacific Hotel,untuk mencapai hotel ini menggunakan kereta,dari KL Sentral ambil Kelana Jaya Line (hijau) menuju Masjid Jamek untuk berganti ke line Ampang/Sri Petaling (Kuning) yang menuju Sentul dan  berhenti di stasiun PWTC (Putra World Trade Center),Hotel tersebut berada dekat sekali dengan stasiun ini.
Begitu sampai hotel kami langsung check-in,dan saat itu kami mendapatkan kamar di lantai 17..Alhamdulillah..kamar standar nya lumayan cukup untuk kami yang mau hemat jadi 1 kamar berempat,hehe sebaiknya ini jangan ditiru ya,karena banyak hotel di negara-negara tertentu sangat strict dengan peraturan kapasitas kamar,jadi kalau maksimal 2 orang,ya jangan lebih.Hotel ini juga sebenarnya tidak boleh,cuma saya dan abang saya terpaksa ikut masuk dengan diam-diam,hehehe.
Tanpa buang waktu kami langsung turun untuk melihat sekitar,Nah gambar dibawah ini adalah view dari Lift. Dari sini kelihatan tempat yang wajib dikunjungi bila ke Kuala Lumpur,Twin Tower Petronas.
Hari sudah sore saat itu,kami sudah lapar & ingin sekedar cari makanan-makanan kecil,kebetulan di depan hotel kami ada sebuah pusat perbelanjaan yang saya dengar adalah salah satu yang paling tua disini.tulisannya saja "The Mall". lokasinya sebelah Stasiun PWTC...
The Mall (http://www.themallkl.com/ ) Adalah pusat perbelanjaan yang dibuat pada tahun 1987 oleh Metroplex Holdings Sdn. Bhd. (MHSB) sebelum dibeli oleh Sunway Group pada 2011.Pada saat pertama kali dibangun merupakan pusat perbelanjaan terbesar saat itu,dengan tujuan untuk menarik wisatawan dari singapur untuk berbelanja di Malaysia (Source:Wikipedia)
Katanya, disini banyak makanan yang enak di food courtnya,yaa Ala warteg nasi rames..tapi ternyata karena pada saat itu masih dalam suasana hari lebaran,toko pun tidak banyak yang buka,hanya beberapa toko makanan buka dan pengunjungnya pun tidak banyak.Dari yang saya lihat,hanya terdapat 3 toko yang buka.
Selagi memilih-milih apa yang akan menjadi santapan kecil di sote hari akhirnya kami memutuskan turun dan makan di McD,Baru kami akhirnya kembali lagi ke FoodCourt untuk membeli makanan yang dibungkus untuk dimakan sebagai makan malam di hotel.

Hari sudah mulai gelap,rasa capek juga masih terasa karena sebelumnya di Jakarta kami habis keliling-keliling untuk silaturahmi,karena perut masih juga terasa lapar,saya kembali lagi ke The Mall untuk membeli Nasi Goreng yang dijual di sebuah restoran yang bernama Garden Cafe. P9110738_resize.jpg picture by r4ld1

Harga untuk 1 porsi nasgor beef disini sekitar RM 6-7
Malam ini kami akhiri dengan makan bersama dikamar,sambil menikmati game EPL di malam minggu.

Minggu 12 Septermber 2010

Hari minggu yang lumayan cerah,Room kami disuguhkan pemandangan belakan hotel yang menghadap Jalan Tun Ismail di sebelah kiri,dan disebelah kanan terdapat Sungai Batu.
Juga terlihat sebuah gedung yang bertuliskan UMNO,berdasarkan informasi yang saya dapatkan,
Sekitar pukul 9 saya keluar hotel,cuaca saat itu cukup cerah,dengan langit yang biru.
Rencana hari ini adlaah jalan sekitar hotel sembari mencari makan pagi.jadi mulailah kami jalan kaki ke sebelah bagian kiri PWTC sepanjang jalan putra, banyak objek yang iseng-iseng saya ambil selama berjalan.

Dan inilah View hotel kami dari luar,Seri Pacific Hotel

Selama berjalan kaki,saya iseng foto-foto suasana kota dipagi yang cerah saat itu.

P9110738_resize.jpg picture by r4ld1P9110738_resize.jpg picture by r4ld1 P9110738_resize.jpg picture by r4ld1P9110738_resize.jpg picture by r4ld1 P9110738_resize.jpg picture by r4ld1 P9110738_resize.jpg picture by r4ld1

Dan kami terus menelusuri Jalan Putra sampai menuju Jalan Chow Kit dan disinilah tempat jajanan nya,banyak makanan ala nasi rames juga,disini didominasi oleh makanan-makanan khas india,tidak jauh dari kuah kari,sebagian besar maaknan di tempat ini adalah halal, kami beli makanan-makanan berkuah kare,dan juga ayam panggang,yang ukurannya cukup besar.

Setelah itu kami berjalan kembali menuju hotel,saat dijalan,saya sempat mampir ke sebuah toko seperit warung yang menjual pernak-pernik yang unik,disini saya membeli sebuah kotak tissue yang unik,lumayan untuk penghias di dalam mobil,harganya juga cukup terjangkau,namun saya lupa persisnya berapa harga barang tersebut.

Dan inilah Sungai Batu yang berada di sebelah hotel kami
Setelah kembali ke kamar untuk makan sejenak,agenda selanjutnya adalah jalan ke kota,karena lokasi hotel ini tidak tepat di pusat kota,kami juga penasaran bagaimana suasana di tengah kote KLCC.Dan point nya tak lain adalah Menara Kembar Petronas,yang untuk mencapai nya dapat menggunakan kereta dan turun di KLCC Station
Dan dari stasiun inilah kami berangkat, PWTC.Stasiun ini hanya melayani satu line saja,yaitu Ampang/Sri Petaling Line (Kuning) (rapidkl.com.my ) P9110738_resize.jpg picture by r4ld1
Jika ingin menuju KLCC dari stasiun PWTC,maka rute yang harus ditempuh adalah menuju Masjid Jamek untuk ganti line Kelana Jaya yang menuju Terminal Putra,dan turun di KLCC.Setelah saya melihat peta railway yang terdapat distasiun,saya baru mengetahui bahwa peta ini adalah peta Integrated Railway System di KL.Jadi,harus cermat juga melihat apakah line yang akan dilalui satu pengelola/Jenis atau tidak,jika tidak,maka harus keluar dan masuk lagi dnegan membayar tiket yang berbeda.pada contoh saya,kebetulan kedua linenya adalah milik rapid KL.

Setelah naik kereta an berganti line di masjid Jamek,akhirnya kami sampai juga di KLCC Station.Seperinya KLCC Station ini terintegrasi dengan Pusat Perbelanjaan yang merupakan bagian dari komplek Menara kembar Petronas,namanya Suria KLCC. Kami lalu mencari Exit dan ternayta exit yan gkami ambil menghadap ke Shymphony Lake,yang membelakangi Menara Kembar tersebut.
P9110738_resize.jpg picture by r4ld1 P9110738_resize.jpg picture by r4ld1

Kami lalu kembali masuk ke dalam Mall,dan mencari jalan keluar yang berada di depan,kami kalu keluar dari exit selatan,menelusuri jalan P Ramlee hingga akhirnya sampai di depan menara kembar tersebut,terdapat sebuah taman yang ditujukan khusus untuk para wisatawan yang ingin mengambil gambar,di setiap area di beri nama "Photo Spot 1", "2" dan seterusnya

Petronas Towers (http://www.petronastwintowers.com.my ), atau yang juga biasa disebut Menara Kembar Petronas, diresmikan pada tahun 1999,dan menjadi gedung tertinggi didunia pada tahun 1998-2004 sebelum digantikan oleh Taipei 101 yang berada di Taiwan. namun, gedung ini masih merupakan gedung kembar tertinggi di dunia mengalahkan WTC (yang runtuh pada tahun 2001).Gedung yang memiliki tinggi arsitektur ini mempunyai 88 Lantai,sampai saat ini gedung tertinggi didunia masih dipegang oleh Burj Khalifa.

Terdapat sebuah Observation Deck yang berada di lantai 86,namun pada saat saya berada disana Menara Kembar tersebut sedang tutup karena hari raya sampai dengan tanggal 13 September 2010.Tiket untuk masuk kedalam adalah 80RM untuk dewasa,dan RM 50 untuk anak-anak.Oh iya,menara Kembar ini dihubungkan oleh sebuah Skybridge yang katanya juga memiliki view yang sangat bagus

Gedung-gedung yang berada di sekitar menara Kembar ini baik yang berada di Jalan P Ramlee dan jalan Ampang juga tidak kalah menarik
P9110738_resize.jpg picture by r4ld1 P9110738_resize.jpg picture by r4ld1 Setelah puas menikmati  Menara kembar kami kembali masuk ke dalam Mall,di dalam mall ini banyak tersedia akses Wi-Fi Gratis,lumayan kami bisa mempergunakannya selagi berteduh sejenak dari cuaca Kuala Lumpur yang cukup terik pada hari itu.

Setelah itu kami memutuskan untuk kembali ke hotel,kami lalu menuju KLCC station untuk naik kereta menuju Masjid Jamek,Stasiun ini sendiri dinamakan Masjid Jamek karena berdekatan dengan masjid tersebut,masjid ini merupakan salah satu masjid yang tertua di Kuala Lumpur,dan juga Malaysia.
Dan inilah suasana Platform untuk kereta kami yang akan membawa ke PWTC Station
P9110738_resize.jpg picture by r4ld1 P9110738_resize.jpg picture by r4ld1
Dan inilah suasana di dalam kereta,bagi saya cukup nyaman,bersih,dan juga teratur,mirip dengan MRT yang ada di Bangkok.

Sebelum sampai ke Hotel,kami mampir dulu di Supermarket yang terdapat di The Mall,yaitu Cold Storage,untuk membeli minuman dan makanan ringan.harganya pun cukup terjangkau.mngkin Supermarket ini serupa dengan FairPrice yang saya jumpai di Singapura.

Pada malam harinya kami berencana untuk berwisata kuliner, tepatnya dibelakang Hotel, di dekat Gedung Putra World trade Center.Ini merupakan tempat makan favorit Ayah saya jika berkunjung kesini.Untuk mencapainya,setelah melewati Stasiun PWTC ambil jalan kekiri (Jalan 1/64d)

P9110738_resize.jpg picture by r4ld1

Padahal belum begitu malam,tapi jalanan benar-benar sudah terlihat sepi,apakah jika bukan dalam hari-hari lebaran tempat ini biasanya juga ramai?

P9110738_resize.jpg picture by r4ld1 P9110738_resize.jpg picture by r4ld1
P9110738_resize.jpg picture by r4ld1 P9110738_resize.jpg picture by r4ld1 P9110738_resize.jpg picture by r4ld1 P9110738_resize.jpg picture by r4ld1

Setelah menelusuri jalan yang berada di pinggir Sungai batu,kami lalu mengambil jembatan penyebrangan melewati sungai untuk menuju Jalan Rahmat,di Jalan inilah tempat jajanan tersebut berada.

Nah,itu dia tempat makannya,berada di Ujung

P9110738_resize.jpg picture by r4ld1

Konsepnya sendiri adalah terdiri dari beberapa warung (yang katanya biasanya lebih banyak dari ini) dan dengan area makan yang terbuka,disini orang-orang bersantai dan tidak jarang yan gmenenggak minuman sampai pagi, pengunjungnya pun biasanya lebih banyak lagi sampai terkadang harus menunggu karena saking penuhnya,tapi mungkin karena masih hari raya,jadi suasana masih sepi .

Nah untuk hidangan pertama kami makan ikan kakap asam manis pedas,sayur daging sapi,& nasi goreng ayam. Menurut saya makan disini cukup nyaman enak buat jadi tempat bersantai bareng-bareng.

Belum lagi pegawai di warung makan ini adalah orang Indonesia, jadilah kami berbincang sejenak dengannya, ia memutuskan untuk tidak pulang ke Indonesia pada lebaran tahun ini.

jalan pulang,motret KL tower dari jauh,ga sempet kesana,katanya ada restoran yang muter segala..blom juga katanya TM tower yang juga jadi landmark disini..ya ga apa2 ga masuk kesana,tapi sekedar tau aja..

sampe kamar jam 10an,waktunya nonton yang di tunggu2,Birmingham Vs. Liverpool,ditungguin andrew leci ngobrol terus ga mulai2 sampe jam 11,tapi tiba2 program di ganti sama Atletik!!alamak,kenapa kemaren Astro(hotel ini pakai astro) bisa nyiarin pertandingan hari sabtu knapa pertandingan ini ga ada?!!wah kecewa berat..mata langsung ngantuk,langsung tidur aja jadinya..

Senin 13 September 2010 "Going Home to Jakarta"

jam setengah 7 pagi LT kebangun..langit masih gelap..makan roti sedikit langsung rencana setengah 9 pagi uda leaving padahal pesawat dijadwalin berangkat GA 821 jam 12.45 LT..Rencana awal pengen naik kereta ke KL Sentral ternyata ujan deres banget!akhirnya terpaksa kami naik taksi ke KL Sentral.. P9110738_resize.jpg picture by r4ld1

setelah naik taksi dan sampai di KL Sentral,kami langsung naik Bus ke KLIA,bus yang sama kami tumpangi saat tiba di kuala lumpur kemarin.

perjalanan ga bentar juga,emang jauh juga jarak KLIA sama KL sentral ya..setelah sampai sekitar jam setengah 11 pagi,kami langsung berencana check in,biar langsung masuk ke waiting room..

setelah check in trus lewat imigrasi dan udah pengen naik train ke terminal,untung aja gw ngecek kelengkapan paspor..n bener aja,kartu kedatangan indonesia di jakarta nanti ga ada,gw rasa ga mungkin jatoh,n setelah minta ijin petugas x-ray & ngomong sama petugas imigrasi tadi,"sorry" katanya sambil ngasih kartunya,ya gapapa lah yang penting ada itu kartu..

Photobucket

dan ini pas lagi di dalem tren..

pas nyampe waiting room buat gate C13 masi belom dibuka, tapi di sudut2 ada tempat yang langsung ngeliat keluar,kesempatanini ga saya lewatin buat spotting objek2 yang ada hehe..

Karena saking jauhnya mungkin ya,di KL tadi ujan deres banget gitu,tapi disini kering dan langit cerah..
Photobucket

dimulai dari GMG yang masuk..

terus ada silk air...

Sedikit Video Silk Air lagi proses pemasangan garbarata..

dari sini gw ma abang gw langsung pindah ke pojok ujung buat ngeliat pesawat yang menurut gw tu langka,B747SP!,kepunyaan iran air,malah katanya juga ga selalu juga Iran Air ke Kuala lumpur pake pesawat ini..

udah jam 12 siang tapi pesawat dari jakarta belom dateng-dateng juga,& tidak lama kemudian ada pengumuman pesawat delay & kemungkinan baru dapat berangkat dari Kuala Lumpur ke Jakarta jam 2 nanti,waah delay 1 jam lebih nih. Tapi Alhamdulillah , sebuah langkah antisipasi dan tanggung jawab yang baik dilakukan garuda meski bukan di kandangnya sendiri. Pihak garuda langsung cepet tanggap & ngasih ganti voucher makanan di Burger King, wah seneng banget karena sudah lama dan jarang sekali saya bisa makan ini, terakhir kelas SMP pertama dan terakhir kalinya...hehehe.

pesan yang take away buru-buru menghabiskan minumannya dulu, karena di
x-ray pasti tidak diperbolehkan masuk..Rencananya pengen  sebagai "makan kedua" di pesawat saja,hehe..
sempet spotting lagi dikit..

Finally, ini dia pesawat yang akan membawa saya ke jakarta.

setelah udah disuruh masuk,kebetulan dapet di emergency exit kelas ekonomi,ya lumayan seat pitch nya lebih besaran dikit..
langsung dibagiin sirup jeruk..

suasana kabin penuh..

pesawat akhirnya lepas landas..berikut videonya..

sepanjang perjalanan cuaca kurang baik..saatnya makan..
disuruh pilih mau mie ayam atau nasi ikan,gw akhirnya milih ikan..
n ini dia..ikan kakap bumbu kari(wah khas malaysia nih,kuah makanan selama di malaysia)ada buah,dan roti plus butternya..
Photobucket

& gak lupa Burger King Whopper dari vouchr delay tadi hehe..

perut ampe penuh banget,aduh kenyang banget,baru kali ini di pesawat pusing gara-gara kebanyakan makan,ni pasti gara2

burgernya..

selama perjalanan ngantuk,banyakan tidurnya,pesawat ga tenang juga jalannya..

akhirnya landing juga..videonya:..

parkir di sebelah Lion 734,Alhamdulillah,sampai juga dijakarta..

Selesai juga trip saya ke Kuala Lumpur..Kesan saya terhadap kota ini, cukup bagus dan menarik dijadikan destinasi wisata khususnya bagi para warga Indonesia, namun jika dibandingkan dengan Singapura, hmm menurut saya Singapura masih lebih unggul, terutama dari segi kebersihannya.

Terima kasih sudah menyempatkan baca post saya ini, jika ada yang kurang berkenan saya memohon maaf. Saya beserta keluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri,Minal Aidin wal Faidzin..mohon maaf lahir batin..