PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket

Saturday, May 30, 2009

First Airbus A330-200 for Garuda Indonesia

25367_1242795290Pagi itu,masih pada hari-hari nganggur menunggu kelulusan.tanggal 20 May 2009,tepat sepuluh hari setelah B747-400 Lion air pertama datang ke jakarta.Saya dibangunkan oleh abang saya,dia bilang di situs garuda-indonesia.com bakalan dateng dari TLS,mungkin maksudnya disitu adalah Toulouse-Blagnac,France yang merupakan base pabrik airbus.pesawat beregistrasi PK-GPJ di jadwalkan mendarat pada pukul 08.00 namun di perkirakan akan tiba di jakarta pada puul 09.50,itu adalah A330-200 pertama buat GA!!.tanpa pikir panjang dan daripada nggak ada kerjaan dirumah mending kejar aja tuh pesawat sendirian.alhasil setelah  mandi dan siap.langsung saja  panasin motor dan tancap pada sekitar pukul 8 pagi..



Finally

saya sampai di Pinggir landasan 07L-25R pada sekitar pukul 08.40,wah nyaris banget,selagi saya menuju ke tengah2 pinggir landasan saya sempat terhenti karena ada pesawat Mandala A320 yang melintas,sejenak saya mengabadikan pesawat tersebut.Setelah itu muncul sebuah pesawat yang cukup besar dari jauh masih kurang begitu jelas karena kondisi pagi saat itu lumayan hazy.dan setelah mendekat dan saya mulai memotretnya saya melihat dalam bidikan viewfinder,A330 Hainan Airlines dan setelah saya perhatikan ternyata registrasinya PK-GPJ!!.waaw ini dia yang ditunggu2!Alhamdulillah pas banget munculnya!ini merupakan rezeki di pagi yang berkabut..setelah dia lewat saya langsung nyalakan motor dan mengejar  pesawat tersebut!sampe saya sempat tidak menyadari adanya jalan bolong yang besar  di depan,untung saya tidak sampai jatuh,..dan sampai pesawat tersebut berhenti lalu exit runway,sempet terdiam sejenak dan akhirnya dia parkir di remote yang biasa tempat Emirates/Kuwait parkir untuk nge-RON

The Aircraft...

Pesawat ini ternyata dibuat untuk Hainan Airlines,namun pada akhirnya karena suatu alasan,Hainan Airlines membatalkan pesanan pesawat tersebut.hingga akhirnya di ambil alih untuk di lease oleh Garuda,jadi pesawat ini benar-benar brand new!!pesawat ini direncanakan digunakan untuk support rute-rute regionalnya A330-300 Garuda,hmm kawasan regional asia..denger kabar katanya semua seat dalam kabin pesawat ini bakal dilengkapi dengan In flight Entertainment yang lebih mantab dari yang di punya oleh GA sebelumnya,karena yang ini adalah IFE on Demand di semua kelas,nice!!.

Serial number 988
Type 330-243
First flight date 02/02/2009
Test registration F-WWKI

Source:Airfleets.net

2 februari 2009,adalah pertama kalinya pesawat ini mengepakkan sayap diudara,berarti masih muda banget & punya jam terbang yang bisa dibilang belum banyak. Sekarang pesawat ini masih melalui proses check dan perawatan serta pengecatan di hangar GMF.selamat buat Garuda yang rencananya mendatangkan setidaknya 3 pesawat jenis ini.Menurut para petingginya pesawat ini dinilai irit dan mempunyai konfigurasi yang pas ntuk saat-saat krisis sekarang ini.Ini merupakan awalan yang sangat baik dalam rangka meremajakan armada Garuda,dimana Boeing 737-800NG sudah banyak yang dioperasikan oleh GA,dan sekarang Airbus 330-200 bakalan dapat dinaiki oleh para penumpang setia GA.Sekarang tinggal menunggu Boeing 777-300ER yang akan datang selambatnya pada tahun 2011.

Dan inilah foto burung besi tersebut,enjoy!!


View the full size photo!


Klik foto diatas buat liat resolusi 1280 px wide.foto diupload di Jetphotos.net
Just Click on the thumbnail to view the large images at Jetphotos.net
(c)Photo:Arimi Raldi-Jetphotos.net-{Global Aviation Photography}
For More Information & Question about this Post,please contact:arimi_raldi@yahoo.com

3 comments:

Acep Nazmudin said...

uyy,
salam kenal tadi saya lagi buka-buka google terus ngetikin source kayak gini "garuda indonesia Airbus A330-200" ehh masuknya ke blog ini hehehe,,
kira-kira kapan ya garuda Indonesia punya A380.

eh kapan-kapan boleh dong lo posting tuh poto-poto pesawat hasil jepretan loe yang diceritain diatas,
gw tunggu ya.

raldi said...

salam kenal juga ya:).wah seneng banget saya ada yang appreciate blog saya,hehe iya rencananya saya mw update terus kalo saya abis spotting pesawat disini hehehe.
terima kasih yaa

Kangen Water Indonesia. Enagic said...

kalau boleh kenalan nih


kamu kerja di bandara tu yah ??


aku pingin tau gimana perawatan pesawatan tersebut

bisa kamu tulis ke email ku

thanks yah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...