PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket

Tuesday, July 9, 2013

Garuda Indonesia lakukan penerbangan komersial perdana pada armada baru Boeing 777-300ER PK-GIA

Pesawat yang sebenarnya sudah lama direncanakan untuk dioperasikan oleh Garuda Indonesia ini akhirnya lepas landas untuk melakukan penerbangan komersial pertamanya, hari ni (saat post ini dirilis).
 
Tanggal 9 Juli ini mungkin akan menjadi sejarah baru pada dunia penerbangan di Indonesia. Pasalnya, hari tersebut merupakan tanggal dilaksanakannya penerbangan komersial pertama pada armada baru Boeing 777-300ER yang dioperasikan Garuda Indonesia. Pesawat berkapasitas 324 penumpang ini melayani rute penerbangan Jakarta-Jedah dnegan nomor penerbangan GA 980. Penerbangan ini sebelumnya dilayani oleh pesawat Boeing 747-400. Pesawat ini lepas landas sekitar pukul setengah 12 siang tadi.

Berbeda dengan B747-400 tersebut, Pesawat 777 ini menyajikan layanan yang memanjakan para penumpang. Garuda menghadirkan (kembali) layanan kelas First Class sehingga kelas pelayanan menjadi 3 Jenis. pada layanan first class, selain penumpang mendapatkan layanan yang ada seperti pelayanan Executive Class yang biasa dijumpai di armada Airbus A330, namun kali ini penumpang mendapatkan seat yang lebih luas, dan tentunya lebih mengedepankan privasi berkat sekat yang ada di sekeliling seat penumpang. Para penumpang juga diberikan sajian makanan yang benar-benar dimasak saat penerbangan berkat adanya Chef on-board. First Class Garuda menyajikan tayangan live TV,  serta hiburan Audio Video on Demand yang lebih lengkap. kabarnya, penumpang dapat memesan mobil mewah yang mengantar anda saat menuju dan meninggalkan pesawat. untuk kelas eksekutif dan ekonomi, Garuda punmenjanjikan desain serta layanan yang lebih disempurnakan dari yang didapat selama ini di armada lain.

Selain itu, B777-300ER ini telah dilengkapi fasilitas Wi-fi, sehingga penumpang tetap dapat terkoneksi internet selama penerbangan. fitur ini telah diuji Menkominfo pada penerbangan Joyflight tiga hari sebelumnya dengan rute penerbangan Jakarta-Denpasar vv. Kabar yang didapat, untuk rute Jakarta-Jeddah ini penumpang harus merogoh kocek sekitar 80-90 juta rupiah pulang-pergi untuk 1 dari 8 kursi yang tersedia dari First Class ini.

Pesawat ini didatangkan guna memenuhi kebutuhan Garuda akan pesawat yang lebih efisien, khususnya untuk rute jarak jauh. Boeing 747-400 yang sejauh ini dioperasikan oleh Garuda dinilai kurang memenuhi kebutuhan tersebut. hal tersebut diakibatkan 747 menggunakan empat mesin, sedangkan armada 777 ini menggunakan dua mesin saja, dan dengan kapasitas penumpang, serta jarak tempuh yang tidak terpaut jauh, pesawat ini diharapkan dapat lebih mengangkat citra Garuda khususnya di mata internasional. Dengan dioperasikannya rute ini oleh pesawat tersebut, B747-400 nantinya hanya akan melayani penerbangan GA 982 saja.

Rencananya, sejauh post ini dirilis, pesawat B777 ini akan dioperasikan untuk rute ke Narita Tokyo dari Jakarta maupun Denpasar selama tanggal 19 Agustus - 19 September 2013 (saat itu direncanakan sudah terdapat 2 armada 777). Pada akhir tahun (kuartal 4 2013), pesawat ini akan mengoperasikan rute baru, yaitu Sydney-Jakarta-London (Gatwick). Penasaran ingin mencoba? segera lakukan reservasi untuk rute-rute tersebut!


Berikut foto-foto yang saya dokumentasikan saat penerbangan perdana B777-300ER Garuda di Soekarno-hatta International Airport (CGK).
 

 

 

 
Garuda Indonesia made his first ever commercial flight of Boeing 777-300ER reg. PK-GIA on Tuesday, July 9th 2013. The flight itself operates as GA 980 from Jakarta Soekarno-Hatta International Airport to Jeddah. This flight was previously operated by their remaining 2 B747-400 fleet. Garuda Indonesia plans to receive 2 77W this year. The Registration PK-GIA was formerly registered on Garuda's legendary fleet, the DC-10.
For more enquiries please mail to : arimi_raldi@yahoo.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...