PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket

Tuesday, March 27, 2012

Finally,Catch this Amazing RetroJet!!


Boeing 737-86N PK-GFN 38033 Jakarta Soekarno-Hatta Int'l Airport - WIII
Akhirnya,kesampaian juga untuk mendapatkan foto dari pesawat retro ini.Dalam post ini saya juga akan sedikit menulis tentang tren Retro-jet pada maskapai-maskapai besar sekarang ini
 Even this bird delivered on April last year,i'm very glad to finally shot this amazing Retrojet Livery i've been waiting for so long.Captured while on Short Final Runway 25R in this Bright Weekend Afternoon.1400pxFor more information about this GA Retrojet on Airfleets.net,please click this Link
View the full size photo! Garuda Indonesia PK-GFN Boeing 737-86N Jakarta Soekarno-Hatta Int'l Airport - WIII


 Click on the thumbnail above to view the large images at Jetphotos.net
©Photo:Arimi Raldi-Jetphotos.net-{Global Aviation Photography}
For More Information & Question about this Post & Photo,please contact arimi_raldi@yahoo.com





Hello friends,pada tanggal 25 maret kemarin saya akhirnya berkesempatan buat ngejalanin hobi saya lagi,yaitu ke pinggir runway buat menangkap burung besi,dikarenakan dalam beberapa hari terakhir ini cuaca jakarta sedang bagus-bagusnya,cerah dan langit biru,jadi saya bersama dengan abang saya meluncur menggunakan sepeda motor ke ujung landas pacu 25R.namun report tentang spotting kemarin itu akan saya tulis di post lain.hehe.
Di post kali ini saya akan share tentang pesawat garuda boeing 737-800NG kedua yang menggunakan livery lama,atau biasa di sebut retrojet.namun sebelumnya,saya cerita sedikit tentang retrojet pertama garuda.pada tahun lalu saya sempat menangkap retrojet garuda yang pertama tersebut yang ber-registrasi PK-GFM,bisa di lihat di Post saya yang lalu .pada pesawat tersebut menggunakan cat yang digunakan pada periode 1961-1969,berikut adalah foto saat cat tersebut digunakan pada armada Convair 990 seperti yang dikutip dari wikipedia
File:Garuda Convair 990 Manteufel.jpg
Foto diatas diambil pada sekitar tahun 1960an (Credit to the Original photographer),saat dimana awal era garuda menggunakan mesin jet pada armadanya.Armada Garuda saat itu terdiri dari convair330,340,990,lockheed electra dan pada tahun 1965 mulai mengoperasikan pesawat bermesin 4 Douglass DC-8 yang digunakan untuk menerbangi rute Amsterdam via Colombo,Bombay(sekarang mumbai),Roma,dan Praha(wikipedia)

Naah,untuk yang retro jet kedua ini,ber-registrasi PK-GFM,pesawat ini memang dikirim ke Garuda April tahun lalu,namun saya baru bisa mendapatkan kesempatan untuk memotretnya kemarin ini.menurut saya,ini adalah Livery garuda yang mempunyai ciri khas tentang awal keemasannya dimasa tahun 1970an.untuk yang ingin melihat cat tersebut saat masih dipakai saya akan lampirkan foto yang saya ambil dari wikipedia
File:Garuda Boeing 747 at Zurich Airport in May 1985.jpg
foto tersebut diambil di Zurich. livery ini benar-benar bernuansa Indonesia sekali dengan warna dominan putih dan merah.font garuda ini cukup dikenal masyarakat,bahkan restoran yang memakai nama garuda yang kalau tidak salah berlokasi di pusat kota jakarta masih menggunakan Font ini.

Tren menggunakan livery/cat lama pada armada suatu maskapai memang sebelumnya telah dilakukan oleh maskapai-maskapai dari berbagai belahan dunia.sebut saja KLM,sebuah maskapai plat merah asal belanda yang mengaplikasikan livery lawasnya pada Armada 738NG nya yang beregistrasi PH-BXA.seperti foto diambil oleh Thomas naas ini.

View the full size photo! KLM Royal Dutch Airlines PH-BXA Boeing 737-8K2 Amsterdam Schiphol Airport - EHAM
photo Taken & Copyright by Thomas Naas please click the thumbnail to view the images at jetphotos,Don't use this photo without their/his permission.

Namun,saya sempat kepikiran,pengaplikasian Cat RetroJet ini akan lebih menarik bila diaplikasikan di pesawat-pesawat berbadan lebar karena akan lebih terlihat dan menarik perhatian publik .Maskapai Thai Airways adalah mungkin dari sedikit maskapai yang berani mengaplikasikan Retro-Jet Livery pada Boeing 747-400 nya,seperti foto dibawah ini
View the full size photo! Thai Airways International HS-TGP Boeing 747-4D7 Frankfurt Rhein-Main Int'l Airport - EDDF
photo Taken & Copyright by Helmut Schnichels please click the thumbnail to view the images at jetphotos,Don't use this photo without their/his permission.

Nah tampak megah sekali bukan?terliha tunsur historisnya diperkuat dnegan armada berbadan lebar,dan kebetulan kesan retro dari Thai airways ini memang dapet banget.Namun,saya kira akan sulit untuk Garuda mengaplikasikannya pada jajaran pesawat widebodynya,contohnya pada Boeing 747-400,dikarenakan pesawat bertingkat dua dari boeing ini akan segera memasuki masa pensiunnya dari armada garuda,paling lambat 2013 nanti.sangat disayangkan memang,berita terakhir bahwa pesawat 747-400 ketiga garuda,PK-GSI sekarang sudah berada ditangan Orient Thai dengan Registrasi PH-STB.Ini dikarenakan Garuda akan mengoperasikan pesawat yang lebih efisien,Boeing 777-300ER (Saya akan sedikit membuat tulisan tentang kiprah Boeing 747-400 dan garuda pada Post yang akan datang) .Terlepas dari itu,menurut saya Garuda sudah cukup baik mengikuti tren maskapai-maskapai didunia yang menggunakan Cat Retro di salah satu armadanya,karena ini menurut saya secara tidak langsung akan meningkatkan Brand Attractiveness dari Garuda itu sendiri.

Dari yang saya dengar garuda akan mempunyai 3 livery Retro,dan tentu saja yang ketiga itu adalah Logo garuda yang sebelum sekarang ini,yang merupakan ciri Khas Garuda di masa 80 akhir sampai pertengahan 2000. Merupakan hasil desain dari Landor (termasuk livery yang sekarang) kalau tidak salah,Armada Garuda yang saat ini masih menggunakan livery tersebut adalah Boeing 737-800NG PK-GEF,kalau benar ini yang dipakai,mungkin nantinya garuda hanya akan menambahkan note "brand logo 19xx-19xx" saja..

1 comment:

Unknown said...

aku udah pernah pakai retro jet penerbangan lombok-bali

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...