PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket

Tuesday, December 22, 2009

Indoflyer Event Nyuci pesawat DC-9-32 PK-GNT @ Transportation Museum - TMII Jakarta

hari ini saya gak ada kerjaan,gak bisa kemana-mana pula karna saya disuru nyiapin kesehatan buat Insya Allah ke Semarang Rabu besok sampe hari Sabtu,jadi saya nulis post aja deh udah lama gak nulis di blog hehe:).oke kali ini saya akan share sedikit tentang event yang baru saja saya ikuti bersama komunitas Indoflyer.net yaitu acara nyuci pesawat DC-9-32 PK-GNT yang berlokasi di museum transportasi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.Saya sebenernya kurang begitu mengikuti perkembangan perencanaan acara ini karena saya memang belakangan ini sudah jarang aktif di forum IF,jadi saya selama ini denger2 dari abang saya aja tentang perkembangan acara ini hingga terealisasi pada hari sabtu tanggal 12 Desember 2009 Kemarin,Acara dimulai pada pukul 9 pagi,wah waktu yang mepet banget karena saya kebetulan hari sabtu ada kuliah sampai jam 09.30 pagi.




Photo By Achdiyatma Reza
yaudah saya selesai kuliah langsung dijemput abang saya buat segera bertolak ke TMII,sesampainya di sana sekitar jam yaa setengah 11an lah udah terlihat pada rame,ada yang lagi nyuci diatas wing,dan segala macem,sampai disitu saya langsung ketemu pak yon dan om aswin selaku panitia acara tersebut,langsung registrasi sekaligus ambil nomer untuk lucky Draw yang terdiri dari bermcam2 hadiah dan berhadiah utama sebuah Blackberry!(meskipun bukan saya yang menang T.T,hehe tapi gak apa2 Alhamdulillah say aberhasil dapet lucky draw Flashdisk kecil HP 8 GB!!hehe).saya langsung tertuju ke Wing pesawat,kayaknya seru banget nyuci dari wing pesawat,suatu keinginan tersendiri juga saya buat berdiri diatas wing pesawat,dengan dibantu rekan2 saya akhirnya sampai juga di wing pesawat DC-9-32 PK-GNT Milik Maskapai Garuda Indonesia ini.saya melap,mencuci nya,dan menggosok bodi yang memang sudah terlihat kusam,berjamur
Photo By Achdiyatma Reza

sebagai informasi.Pesawat buatan tahun 1979 bernomor seri 47790/907 ini di taruh disini sehabis dinyatakan written off akibat sebuah insiden yang terjadi pada tanggal 21 Juni 1993 11:25 LT,dimana pesawat ini mengalami Crash Landing saat mendarat di Bandara Ngurah Rai Denpasar,bali.pesawat yang sedang menjalani rute yogyakarta-Denpasar ini touchdown terlalu keras namun dapat dengan aman melaju ke appron untuk parkir,disitulah ditemukan kerusakan yang terlihat.jika diperhatikan dengan teliti,dikabarkan jika dilihat dari main wheel nya terliat pesawat agak sedikit bengkok.seluruh penumpang beserta awak pesawat berjumlah 79 orang dinyatakan selamat,ada kabar mengatakan bahwa saat insiden ini terjadi pesawat ini dioperasikan oleh Merpati Nusantara Airlines,memang DC-9 Milik GIA beberapa di hibahkan kepada MNA.
PC129428_resize.jpg picture by r4ld1
PC129432_resize.jpg picture by r4ld1
saat anggota IF sedang ingin turun dari wing,sekalian mempraktekkan proses evakuasi oleh om yon karyono
PC129421_resize.jpg picture by r4ld1
PC129440_resize.jpg picture by r4ld1
pencucian pada wing pesawat sebelah kiri
PC129451_resize.jpg picture by r4ld1
proses pembersihan kabin pesawat
oke siang hari setelah mencuci diadakan acara makan siang,hmm lumayan sedap ada nasi padang dari sederhana hahah,kebetulan tiba2 cuaca hujan pada saat itu,saya dan beberapa rekan lainnya jadi makan dibawah wing pesawat sambil berteduh:)
acara makan siang bersama,photo by:Achdiyatma Reza

PC129443_resize.jpg picture by r4ld1
foto Cockpit pesawat PK-GNT
PC129446_resize.jpg picture by r4ld1
Kabin bagian belakang
setelah selesai menyantap makan siang,kami berkumpul didalam kabin pesawat untuk berbincang-bincang,share informasi,share pengalaman dari para pilot,student pilot yang hadir dalam acara tersebut,serta pengundian lucky draw
PC129455_resize.jpg picture by r4ld1
oh iya,saya juga baru melihat sekarang ditambah lagi satu pesawat di museum transportasi yaitu sebuah helikopter milik SAR
PC129453_resize.jpg picture by r4ld1

Acara ini juga diliput oleh tim dari Metro TV dan juga dari O Channel
PC129437_resize.jpg picture by r4ld1
Cameraman dari Metro TV sedang meliput jalannya acara

Acara selesai pada pukul 14.00 WIB,itulah sedikit cerita saya tentang pengalaman mencuci sebuah pesawat Narrow body ini,pengalaman pertama naik diatas wing pesawat,dan menambah pengetahuan dan pengalaman saya:).salut kepada indoflyer yang berusaha menjaga aset dari alat transportasi dan sarana pengetahuan indonesia:).Terima Kasih sudah menyempatkan membaca post saya:)
15555_102640169760347_1000004309373.jpg picture by r4ld1
Photo Copyright:Ressa K. Nistanto - Indoflyer.net

The event uploaded at JP!Enjoy!
View the full size photo!

Klik foto diatas untuk melihat dalam resolusi 1024 px wide.foto diupload di Jetphotos.net
Just Click on the thumbnail to view the large images at Jetphotos.net
(c)Photo:Arimi Raldi-Jetphotos.net-{Global Aviation Photography}
For More Information & Question about this Post,please contact:arimi_raldi@yahoo.com

Appendix:
-PK-GNT Incident Report- http://aviation-safety.net/ - http://aviation-safety.net/database/record.php?id=19930621-2
-Photo by Mohamad Achdiyatma Reza from www.Facebook.com. w/ Copyright please don't copy or modify
-Photo by Ressa K. Nistanto from www.Facebook,com, w/ Copyright please don't Copy or modify
-Photo by Arimi Raldi, w/ Copyright please don't copy or modify
-link to: http://jetphotos.net/viewphoto.php?id=6734961&nseq=0 are published by jetphotos.net contains photo by:Arimi Raldi,please don't copy or modify
-Indoflyer.net




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...