PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket

Tuesday, March 4, 2014

5 Hari Mengunjungi UK - Day 5 - Dua Setengah Jam di Manchester Mengejar Penerbangan Menuju Amsterdam

Hari ini kami harus Chek out dari hostel pagi pagi sekali.. karena Megabus yang akan mengangkut kami menuju Manchester untuk mengejar penerbangan ke Amsterdam berangkat dari Liverpool pukul 6 pagi..

Standby Megabus at Liverpool One Bus Station



Setelah makan nasi sama kornet, kami sudah siap pukul setengah 6 pagi, kami menaruh kunci pada resepsionis.. dan ngegeret koper menuju Liverpool One bus station, yang jaraknya sekitar 400an m dari Hostel kami, saat itu masih gelap, dingin juga cukup menusuk.. Suasana Albert dock pun sangat sepi..

Early Morning , Albert Dock

Sampai disana, sekitar 15 menit sebelum keberangkatan, terlihat Megabus saya sudah standby untuk berangkat.. terlihat beberapa penumpang juga menunggu distop ini.. lumayan Bus stopnya banyak kaca2 besar jadi nya angin ga gitu nerpa saya, hehe..

Standby Megabus at Liverpool One Bus Station

Saya menempuh perjalanan ke Manchester ini dikarenakan saya untuk kembali ke Amsterdam sebelum melanjutkan ke Jakarta akan menggunakan KLM, Maskapai ini beberapa waktu lalu menghentikan penerbangannya menuju Amsterdam dari Liverpool John Lennon Airport, dikarenakan perjalanan bus juga saya lihat memakan waktu sekitar 1 jam, akhirnya Manchester Airport saya jadikan sebagai pilihan.

Meskipun perjalanan saya ke Manchester ini tidak lah sampai setengahnya dari perjalanan Liverpool - London, namun saya mendapat kan tarif bis yang sama persis dengan Perjalanan saya dari London ke Liverpool kemarin, yaitu GBP 5 (90 ribuan) per-orang untuk perjalanan selama 1 jam.. ya namanya juga budget bus.. harga tergantung keterisian dan siapa cepat dia dapat hehe...

10 menit sebelum keberangkatan, Pak Supir lalu turun, becanda dengan ngomong "kalian udah pada kedinginan yaaa??", kami lalu dipersilahkan masuk..

Inside megabus to Manchester from Liverpool

Kami masuk kedalam, penumpang hampir terisi setengah dari bus ini..Bus lalu berangkat tepat waktu, pukul 6 lebih 5..

Sepanjang jalan memasuki Highway, dimana kabut terus menghiasi pemandangan yang mulai terang itu.. membuat saya beberapa kali tertidur sejenak..

Setelah perjalanan kurang lebih 1 jam, akhirnya kami sampai di Shudehill Interchange sekitar pukul 7.15, tempat dimana Megabus berhenti di Manchester..

Terima kasih Megabus, semoga bisa bertemu di perjalanan berikutnya!

Thanks for the ride!

Dan inilah sedikit gambaran Bus Stop yang letaknya lumayan berada di tengah Kota Manchester ini, kok serasa lebih dingin dari Liverpool tadi yaa..

Shudehill Interchange, Manchester

Selanjutnya saya harus ke Stasiun Kereta Manchester Piccadilly, untuk naik Kereta menuju Bandara Manchester.. Dari yang saya baca Pemerintah Kota Manchester menyediakan Bus Gratis untuk keliling City Center yang diperuntukkan bagi turis, namanya Manchester Metroshuttle.. Walaupun saya harus berganti dua bis untuk menuju Stasiun dari tmepat ini, tapi senang sekali saya menemukan yang seperti ini.. sayangnya hari itu adalah hari Sabtu dimana bus baru beroperasi pada pukul 8 pagi.. hikss.. yasudah saya naik Tram saja yang letaknya bersebelahan dengan Terminal bus ini..

Kami tidak menemukan tempat auto gate atau penjual tiket.. Untungnya kami menemukan mesin untuk membeli tiket, cukup mudah dipahami, kami beli untuk menuju Manchester Picailly seharga GBP.. Nah.. selanjutnya ini sekarang gimana menggunakan tiketnya? Kebetulan ada bapak-bapak lagi nunggu juga, nanya "Pak, ini saya udah beli tiket, nah terus gimana pake nya? harus di tap di dalem? atau nyerahin supirnya?". Trus dia jawab "Simpan aje mas, Kadang-kadang di dalem suka ada yang ngecek, kadang ada juga yang kagak. Jadi tinggal naik aja".. wah.. ternyata transport Manchester ini adalah salah satu yang menerapkan sistem kejujuran, sontak saya jadi mikir "Bapak sendiri punya tiket ga ya??" eheheheh...

Akhirnya, Tram kami pun datang! aduuh.. udah kedinginan ini...

Tram at Shudehill Interchange

Suasana di dalam Tram.. bener aja.. supirnya aja kagak ada hehehe.. tapi siapa tau bapak depan ini adalah sang Angel in disguise.. eh.. Security in Disguise maksudnya haha..

Inside the Manchester Tram

Akhirnya kami sampai di Piccadilly sekitar pukul 7.40 pagi.. Oh iya, penerbangan saya adalah KLM 1074 dengan tujuan Amsterdam yang dijadwalkan utnuk berangkat pada pukul 9.20 pagi, semoga masih sempet untuk semua semuanya...

Suasana Piccadilly di pagi itu, saya langsung cepet2 nanya beli tiket dimana, langsung antri di loket untuk beli tiketnya..

Manchester Piccadilly

Kami diarahkan menuju Platform, kereta sudah menunggu dan sebentar lagi berangkat, Kereta yang saya tumpangi adalah Kereta Northern Line yang tujuan nya adalah ke Crewe, namun berhenti sejnak di Airport, nah saya berhenti di airportnya hehe..

Northern Line from Piccadilly to Airport

Kereta Start jalan, suasana didalem bersih dan terasa lebih nyaman dibandign Megabus tadi, lha iya harganya sama bahkan lebih mahaal dari perjalanan saya sejam dnegan low-cost bus tadii..

Northern Line from Piccadilly to Airport

Sepanjang jalan saya hanya memandangi langit yang mulai menampakan birunya oleh matahari, inikah the home of contrails? ahahaha maklum baru pertam akali saya liat langit berlukiskan contrail yang banyak seperti itu....

Home of Contrails

sekitar pukul 8 lebih saya sampai di Stasiun Airport..

Arrived at Manchester Airport Station

Terima kasih tumpangannya!!

Arrived at Manchester Airport Station

Kami lalu diarahkan ke terminal di lorong ini..

Manchester Airport

Nengok Kiri.. lagi lagi saya terpaku.. ahh inikah The Home of contrails?? belom lagi ada 747 approach.. ahahahah.. puas-puasin deh karena saya saat itu belom tahu setelah ini saya akan keringetan sepanjang di Manchester yang dingin ini.

Manchester Airport

Saya terus berjalan dan mencari cari dimana terminal 3 tempat untuk KLM.. saya terus berjalan, beberapa kali saya diarahkan keluar untuk jalan di lorong pinggir jalan hingga masuk lagi ke terminal.. ketemu Check in counter.. tenryata ini bukan terminal 3, trus diarahkan lagi untuk naik lift dulu, trus jalan kaki lagi.. wah ada kali 20 menit kepake buat jalan, saya bener-bener ga nyangka kalo dari Stasiun kereta cukup memakan waktu untuk sampai Terminal.. apa jadinya kalo saya tadi pakai bis gratis? akan lebih lama lagi saya nyampenya mungkin di Bandara..

Akhirnya sampai juga di Check in Counter KLM, pada ngantri, saya pun ikutan, tiba2 Ibu2 Check in Counter manggil2 "ada yang ke amsterdam jam 9.20 pagi??!!" "Saya! Saya!", langsung disuruh maju untuk Check in, saat itu sudah pukul 08.45, Koper saya harus dimasukin ke Bagasi karena semua penumpang sudah check in dan dikhawatirkan pada bawa Coat dan bisa tidak muat, jadinya digratiskan, padahal KLM mulai pertengahan tahun lalu sudah diharuskan membayar untuk bagasi di penerbangan Eropa.. Ia lalu menyurush saya segera ke Waiting Room karena sudah boarding..

Saya pun mulai lari-lari kecil untuk menuju Waiting room.. lagi-lagi jalannya cukup belok2 dan agar rumit, beberapa kali saya liat Airport ini mendapat Penghargaan Airport Bisnis terbaik, wah bener jug akali ya, penumpang musti kerja ekstra untuk jalan kaki kemana2 eheheheh.. sampai akhirnya saya melewati jalan yang seperi dalam garbarata, wah firasat saya udah jelek lihat di ujung jalan kok jalan seperti ditutupi pita..dan benar saja.. alamaak! akses menuju waiting room dijadikan satu sama akses garbarata dari pesawat! jadilah kami semua harus berhenti menunggu para penumpang dari pesawat di sebelah kanan turun semua.. Bapak-bapak sebelah saya bilang ke mbak-mbak yang jaga pita "Mbak, saya ini flight KLM jam 9.20 lho".. " Iya pak tunggu bentar" kata Mbak-mbak nya, saya lalu nyamperin, "wah pak samaan nih kita eheheheh"

Akhirnya pita dibuka juga waduh.. kalah kali potong pita peresmian waktu 739ER pertama JT ahahaha.. langsung lanjut jalan cepet lagi, Alhamdulillah sampai juga di Gate.. untung masih ada beberapa orang ngantri... Kejadian tadi bikin ga sempet foto-foto.. jadinya foto pesawatnya aja..

 KLM Boeing 737-800 at Manchester Airport

boarding, masuk pesawat, dapet seat yang paling ujung di belakang... Saya juga nggak duduk di window seat, dari row 3-3 saya paling dekat aisle, jadilah sepanjang jalan saya nikmati view window dari jauh.. sambil istirahat ah rentangin kaki....

Suasana penerbangan kala itu..

Cabin PH-BXm "Avocet" KLm Boeing 737-800

Pada penerbangan kali itu juga pramugara semua isinya.. eh ternyata pursernya nongol juga perempuan satu.. Untuk makanan, sama persis.. kali ini biasa aja denger "Sweet or Savoury, sir?" berulang kali dari jauh hehehehe..

Tidak terasa pesawat menurunkan ketinggian lalu mendarat dengan mulus di Amsterdam Airport sekitar pukul 12 siang..

Saya sebenarnya sudah meminta untuk di Waiting-list-kan untuk penerbnagan GA 89 ke Jakarta pada hari itu, kalau saja saya sempat untuk langsung transfer ke penerbangan Garuda jam 1 siang, karena juga Hotel tempat saya nginap di Amserdam ini masih bisa di cancel sampai jam 2 siang pada hari itu.. tapi benar saja, saya memang tidak keburu untuk langsung kejar flight..

Amsterdam Schiphol Airport

Langsung ambil bagasi, ke imigrasi, langsung ngomong "semalem aja pak, untuk ngejar penerbangan ke Jakarta besok", lalu saya disuruh menunjukkan tiket GA nya.. akhirnya dicap dan kami masuk..

Semalam ini saya habiskan dengan menginap di Hotel yang deket Airport, Hotelnya masih sama chainnya dengan Stay saya di London kemarin, Ibis Budget Amsterdam Airport.. Hotel ini menyediakan Shuttle bus gratis menuju Hotel.. saya langsung menuju Schiphol Plaza untuk menunggu Bus tersebut, tapi dari dalem sambil celingak-celinguk keluar, lumayan hangat nunggu di dalem.. hehe

Akhirnya bus dateng juga, oalaah ternyata Bus ini melayani 3 hotel sekaligus yang tergabung di grup Accor,  yaitu Novotel Amsterdam Airport, dan juga Ibis Hotel Amsterdam Airport.

Free Shuttle Bus Accor Hotels Chain Amsterdam Airport

Pas ngelewati dibawah Underpass Taxiway, waah ketemu GA yang udah berangkat, before sched pula, halooo haloooo PK-GPH!!

Garuda A330-200 Schiphol Amsterdam

Akhirnya sampai juga depan Ibis Hotel Amsterdam.. Hotel kami ada di belakang Hotel itu..

Ibis Hotel Amsterdam Airport

Didalam bus pun terdapat monitor dengan peta yang menunjukan posisi bus, lengkap dengan letak ketiga hotel tersebut.. hehe.. Proses check in berjalan mulus,  kamar hotel persis seperti yang say a temui di London kemarin.. sayang saat check in wifi sedang tidak bekerja, padahal lagi pengen mantau Derby Merseyside Everton lawan Liverpool iniii hehe.. yasudah cari makan siang aja deh kalau gitu..

Pengalaman saya sebelumnya di Belanda makan di BK dengan paket King Deals 2 euro bisa dapet burger, sama minum dan kentang, sayangnya tidak tersedia di untuk BK Schiphol Plaza. BK paling dekat ada di rest area Tol A4 dekat airport ini, yang juga menjadi lokasi Hotel Van der Valk tempat saya menginap waktu ke Amsterdam beberapa waktu lalu. Lalu plannya adalah saya naik Free Shuttle hotel ke Schiphol Plaza, nyambung naik Free Shuttle Hotel Van der valk tersebut untuk ke BK, lalu balik lagi dnegan metode yang sama, eheheh.. Tapi ternyata sangat memakan waktu! hampir 2 jam cuma untuk gitu doang ahaha, mana bus mampir dulu ke Novotel, lama nunggu Shuttle ke Van der valk nya, tapi ga apa-apa pengalaman yang mengenyangkan hehe...

Hari sudah malem, ah waktu nya keluar cari makan.. apa mau dikata di sini sangat sepi, paling dekat paling McD.. itu pun kok ga ada trotoar ya di jalan-jalannya, cuma ada jalan sepeda...

Ibis Budget Amsterdam Airport

Setelah tanya resepsionis katanya boleh aja jalan kaki di jalur sepeda itu, yaudah jalan kaki aja kesana..

Sampailah kami di McD.. setelah iu saya menyadari inilah McD yang fenomenal itu di kalangan Spotter Amsterdam, disinilah lokasi Spotting untuk Runway.. memang saya lihat viewnya dekat dan jelas pada ke runway.. Sayang disaat say amenginap disana Runway tersebut tidak sedang aktif..

Okelah sekarnag waktunya tidur, sebelum besok lanjut ke Jakarta.

Go to : DAY 6

DAY 1 | DAY 2 | DAY 3 | DAY 4 | DAY 5 | DAY 6

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...